Tips AMAN saat menggunakan internet

Tips aman saat menggunakan internet yang harus anda tau. Dengan semakin banyak orang mendapatkan akses ke Internet setiap hari, telah menarik perhatian banyak programmer nakal, hacker, dan pelaku kejahatan cyber lainnya untuk berlomba-lomba mencari celah agar bisa memanfaatkan situasi ini, tujuan mereka sangat jelas yaitu untuk mencari keuntungan dengan cara menciptakan program seperti malware, spam, virus dan lain sebagainya yang bisa merusak, mencuri data-data penting yang dapat merugikan anda.

Karena itu sangat penting dan pastikan perangkat computer dan informasi Anda tetap aman saat online Internet baik untuk alasan pribadi ataupun kepentingan bisnis dari Serangan Cyber / hacker, virus, malware, dan gangguan yang tidak diinginkan lainnya. Tentunya anda tidak menginginkan data penting seperti data internet banking, paypal, password facebook, ataupun akses email pribadi anda diketahui orang lain. Jadi mulai saat ini Solusi yang paling tepat adalah berlatih kebiasaan komputasi yang aman, mendidik diri sendiri tentang ancaman keamanan dengan penerapan metode pencegahan pencurian data melalui internet, dan selalu menggunakan strategi dan pilihan yang dapat meminimalkan ekspos terhadap risiko.

Berikut ada lima belas tips penting tentang cara pencegahan infeksi virus pada saat menggunakan internet dari serangan virus phising dan malware yang memungkinkan terjadinya kehilangan, kerugian kerusakan pada perangkat komputer anda.

tips aman saat menggunakan internet

Tips aman saat menggunakan internet

  1. Selalu memiliki program anti-virus pada komputer Anda dan tetap diperbarui. Ada banyak program anti-virus gratis atau sangat murah yang tersedia, sehingga Anda tidak punya alasan untuk tidak memilikinya. Pastikan Anda mengatur program untuk melakukan scan penuh setidaknya sekali seminggu.
  2. Jangan mematikan opsi Firewall pada komputer Anda, bahkan jika program mengklaim Firewall perlu dinonaktifkan untuk program untuk bekerja. Pengaturan firewall memungkinkan Anda mengatur pengecualian-program khusus tanpa menonaktifkan perlindungan sama sekali.
  3. Ketika memilih password untuk situs online atau rekening online (rekening bank, Pay Pal, dll), pastikan Anda tidak pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa situs, gunakan campuran huruf besar dan huruf kecil dan angka (dan simbol jika mereka diizinkan ), hindari menggunakan informasi pribadi (tanggal lahir, nama gadis, nomor jaminan sosial), tidak pernah menggunakan password kurang dari 10 karakter, dan menggabungkan kata-kata atau membuat yang tidak masuk akal. Semakin keras password Anda bagi Anda untuk mengingat, semakin sulit akan untuk orang lain untuk menebak. ini merupakan salah satu cara menjaga keamanan akun anda
  4. Update komponen inti dari perangkat lunak komputer Anda secara teratur, atau mengatur sistem untuk secara otomatis mencari dan men-download pembaruan. Contoh yang paling umum dari hal ini adalah Windows Update untuk sistem operasi Microsoft.
  5. Menonaktifkan fitur Auto-Run pada Windows. Built-in komponen Windows yang memungkinkan program untuk mengeksekusi diam tanpa sepengetahuan Anda karena auto-run memberikan mereka izin untuk memulai tanpa memperoleh persetujuan aktif.
  6. Meskipun tergoda untuk men-download film secara gratis, musik, atau perangkat lunak dari situs torrent, juga bisa sangat berbahaya bagi komputer Anda. Konten torrent umumnya belum diverifikasi dan sering mengandung virus atau malware berbahaya lainnya. Jika memang harus mendownload pastikan anda mendapatkannya dari website terpercaya dan tidak mengandung malware.
  7. E-mail telah menjadi cara penyebaran virus computer yang umum, penipuan, dan kegiatan phishing untuk mendapatkan informasi atau akses ke komputer Anda. Ketika membaca e-mail Anda, jangan pernah klik pada link yang tertanam dalam pesan kecuali Anda tahu tujuan (Anda dapat menemukan hal ini dengan melayang mouse anda ke atas link). Hal ini berlaku untuk pesan dari orang yang Anda kenal, juga, karena sebagian besar account e-mail berbasis web (Yahoo !, Gmail, dll) dapat dikompromikan.
  8. Menonaktifkan Java (bukan JavaScript) di browser internet Anda. Eksploitasi melalui Java sering terjadi, meskipun Java itu sendiri hampir tidak pernah diperlukan saat menggunakan internet.
  9. Pastikan browser yang anda pilih merupakan browser terpercaya seperti google crome dan Mozilla firefox. walaupun Internet Explorer sangat populer, tidak memiliki fitur seperti Mozilla Firefox. yang membuat Firefox browser yang lebih aman untuk digunakan terutama jika Anda rentan terhadap ancaman JavaScript. Firefox memiliki Script add-on blok semua program JavaScript dari situs yang Anda belum disetujui.
  10. Back up data penting di komputer Anda ke drive eksternal atau lokasi penyimpanan (online "cloud" atau flash drive) secara teratur untuk mencegah kehilangan data penting secara menyeluruh (kerugian total) akibat komputer Anda akibat terserang virus atau malware berbahaya lainnya.
  11. Gunakan keamanan ganda, seperti verifikasi handphone, email cadangan atau pertanyaan Pemulihan sistem meminta informasi dasar seperti nama ibu Anda gadis, nama kota asal Anda, atau nama hewan peliharaan Anda. Dan pastikan  Informasi ini tidak diketahui dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  12. Jangan pernah membuka atau menjalankan file executable langsung dari internet. Men-download ke hard drive komputer Anda atau perangkat penyimpanan eksternal dan pastikan melakukan scan virus sebelumnya.
  13. Membuat lebih dari satu alamat e-mail untuk beberapa tujuan. Sebagai contoh, Anda bisa memiliki satu alamat e-mail yang hanya diketahui teman dekat dan anggota keluarga, satu lagi untuk online banking dan transaksi keuangan, dan satu lagi untuk keperluan game online. Hal ini akan mengurangi jumlah potensial spam, ancaman malware, phishing dan risiko lain-lain
  14. Jika Anda memiliki program firewall tambahan seperti Comodo atau ZoneAlarm yang meminta izin saat untuk mengunduh file atau program yang tidak dikenal jangan pernah membiarkan tindakan tersebut kecuali anda tahu program atau file apa dan yakin itu dari sumber yang terpercaya.
  15. Bila menggunakan media sosial seperti Facebook, berhati-hatilah saat  berbagi informasi pribadi dan tentang Apa saja yang Anda posting di internet dapat dilihat oleh semua orang dan dapat digunakan dengan cara yang berbahaya atau merusak. Tip Facebook lain adalah untuk menghindari menerima permintaan teman dari orang yang Anda tidak kenal secara pribadi. Meskipun mungkin "keren" untuk memiliki 10.000 teman, tetapi mungkin saja berapa dari mereka bisa menggunakan data pribadi seperti foto anda untuk kegiatan dan keperluan yang dapat merugikan anda di kemudian hari. Jadi pastikan informasi, status, foto dan postingan yang anda publikasi wajar untuk dibagikan ke publik.
Itulah beberapa tips dan cara melindungi informasi pribadi saat online internet dan juga berguna untuk menjaga perangkat komputer Anda atau perangkat mobile dari gangguan yang tidak. Ikuti tips yang diberikan di sini dan terus mendidik diri sendiri lebih lanjut tentang cara Cara menjaga keamanan data penting saat akses internet, yang menyangkut apa saja aktivitas online Anda karena sedikit pencegahan benar-benar lebih bernilai dari seberapa besar pun perbaikan. Bagikan informasi tips aman saat menggunakan internet ini pada teman-teman anda melalui media sosial mungkin saja sedikit informasi ini sangat berarti buat mereka. Terima kasih.

0 Response to "Tips AMAN saat menggunakan internet"

Posting Komentar